Agar Rizki bertambah, lakukan cara ini



Menjelang Akhir Ramadhan, banyak orang yang menyiapkan diri untuk pulang kampung, setelah merantau beberapa bulan bahkan beberapa tahun untuk tujuan bekerja, maupun belajar. Rasa kangen dengan keluarga, lebih-lebih kepada orang tua maupun kerabat menjadi penyemangat atau motivasi diri untuk selalu bersama. Ternyata
Silaturahmi membawa keistimewaan tersendiri, Seperti dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori.

ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ: ﺳﻤﻌﺖ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﻘﻮﻝ: ﻣﻦ ﺳﺮﻩ ﺃﻥ ﻳﺒﺴﻂ ﻟﻪ ﻓﻲ ﺭﺯﻗﻪ، ﻭﺃﻥ ﻳﻨﺴﺄ ﻟﻪ ﻓﻲ ﺃﺛﺮﻩ، ﻓﻠﻴﺼﻞ ﺭﺣﻤﻪ

Artinya: Diriwayatkan dari Sahabat Abi Hurairah berkata: Saya mendengar Nabi telah bersabda: Barangsiapa yang senang rizkinya di mudahkan dan dipanjangkan umurnya maka bersilaturahmilah. (HR. Bukhori).

Menurut Habibullah dalam  Kitab Zadul Muslim menjelaskan bahwa Silaturahmi termasuk sedekah, hal ini akan mendatangkan sumber rizki.

Sedangkan Imam Ibnu Kasir di dalam Tafsirnya mengutip sebuah riwayat dari Abi Darda', beliau berkata: Kami bersama Nabi, beliau bersabda: sesungguhnya Allah tak akan mengakhirkan ajal seseorang ketika sudah waktunya, tapi maksud menambah umur ialah dikaruniai keturunan yang baik, Sholeh yang mendoakannya kelak ketika sudah di alam kubur, maka hal ini maksud dari bertambahnya keberkahan umur.

Dari sini pentingnya bersilaturahmi maka orang akan rela pulang kampung untuk bertemu dengan orang tua dan sanak famili karena hal itu akan membuka kunci keberkahan hidup, walaupun harta bendanya berkurang, namun hakikatnya bertambah banyak disebabkan orang lain merasakan sebagian dari rizkinya, begitu juga ia akan mendapatkankan doa dari malaikat yang selalu mendoakan bagi orang yang menjalin tali silaturahmi, dan menginfakkan sebagian dari rizkinya, sehingga hal itu menambah semangat untuk bekerja.

Semoga di Akhir Ramdhan ini, amalan kita diterima oleh Allah, dan dimudahkan Rizki kita semua.

Gang Mujair, 9 Juni 2018