Syeh Salim Bin Sumair Pengarang Kitab Safinah

 
 Syeh Salim Bin Sumair Pengarang Kitab Safinah

Kitab Safinah sangat terkenal di dunia islam, khususnya di Indonesia. Kurikulum pesantren atau Madrasah biasanya menggunakan kitab ini sebagai kitab pegangan bagi santri pemula atau masyarakat awam. 

Pengarangnya adalah Syeh Salim  Bin Abdullah Bin Said Bin Sumair Al Hadrami, As Syafi’I yang terlahir di daerah Dzi Asybah, Hadramaut, Yaman, beliau terlahir dari keturunan ulama, terutama ayahnya Syeh Abdullah Bin Said seorang tokoh ulama yang disegani masyarakat, beliau yang merawat serta mengajari berbagai macam disiplin keilmuan agama, sehingga Syeh Salim menjadi ulama hebat yang sangat terkenal. Beliau dikenalsangat santun, serta selalu berdzikir kepada Allah, dan juga memperbanyak bacaan Al Qur’an, 

Syeh Al Hadrawi  Al Makki mengatakan bahwa Syeh Salim menghatamkan Al Qur’an  ketika beliau sedang Tawaf di Ka’bah. Beliau wafat di daerah Betawi atau Jakarta pada tahun 1271 H. Namun makamnya belum jelas sampai saat ini, konon ada yang mengatakan makamya di belakang   masjid Al Makmur Tanah Abang. 

Karya– karya beliau diantaranya kitab Safinah An Najah berisi tentang masalah Akidah (Rukun Iman), juga membahas tentang masalah ibadah(Rukun Islam), mulai masalah tata cara wudlu, serta persiapan sebelum shalat, maupun terkait rukun shalat dan yang membatalkannya.

 Walaupun kitab ini sangat ringkas, namun isinya sangat mendalam. B
ulama yang memberi komentar terhadap kitab ini, baik berupa Syarah(penjelasan), maupun dibuat Nadzam atau Syair untuk memudahkan untuk dihafal. Kitab ini sebagai bukti kepakaran beliau dalam bidang fikih yang beraliran Syafi’iyah, yang berkembang pesat di Asia Tenggara, karena isinya mudah dicerna oleh berbagai kalangan.